Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Diorama Gedung Dari Kardus

Membuat Diorama Gedung Dari Kardus Saat ini kardus tidak hanya di gunakan sebagai alat pembungkus saja, mulai dari pembungkus elektronik sampai sepatu. Penggunaanya cukup banyak dan beragam, sehingga saat ini cukup banyak di temukan limbah kardus bekas yang sudah di buang karena sudah tidak berfungsi atau di anggap Menuhin ruangan di rumah.


Kerajinan Tangan Rumah dan Gedung Dari Kardus

Abandoned Housing Estate Number N

Ada beberapa seniman yang bisa memanfaatkan bahan kardus menjadi kerajinan tangan yang cukup memiliki nilai seni dan nilai jual. Tidak semua kardus bisa di gunakan untuk membuat kerajinan tangan, pilihlah kardus yang kuat dan bagus teksturnya.

Kardus bekas biasanya setelah selesai masa tugasnya yang berperan sebagai pembungkus, bisanya jika masih bagus bisa di gunakan untuk menyimpan barang-barang di rumah agar lebih rapi
Tapi tidak demikian dengan seniman ini, dia membuat bangunan miniature berbentuk rumah hanya dengan bermodalkan kardus bekas. Mungkin saat ini sudah cukup banyak orang yang membuat kerajinan tangan dari kardus dengan bentuk pesawat, mobil atau bentuk lainnya.

“Abandoned Housing Estate Number N” adalah kota miniatur yang unik, seluruh bagiannya terbuat dari kardus.



Sejauh ini saya telah melihat sebuah kota yang terbuat dari tusuk gigi, satu lagi yang terbuat dari staples, tetapi ini adalah kota kardus pertama, bagi saya. 



Dibuat oleh seorang seniman Jepang yang namanya luput dari saya, Housing Estate Number N adalah proyek yang terus berkembang yang dimulai sejak tahun 2001. Paradoks dari instalasi seni ini adalah bahwa meskipun sebagian besar ditinggalkan, ia terus tumbuh dan berkembang, setiap hari.




Beberapa kamar di perumahan menyala dan lengkap, sementara yang lain gelap dan kosong. Bahkan ada beberapa karakter menakutkan yang terlihat seperti arwah yang menghantui. Meskipun cukup aneh, Housing Estate N adalah proyek yang menginspirasi yang akan terus tumbuh selama penciptanya menginginkannya.




Membuat Miniatur Kota Dari Kardus Selama Bertahun-tahun

Ada juga seniman lain yang juga membuat diorama kota dari kardus, bahkan skala kotanya lebih luas dan proses pembuatan lebih lama bahkan mencapai tahunan.



Seorang pensiunan berusia 78 tahun bernama Karl Sperber telah membangun miniatur kota dari karton sejak berumur 13 tahun atau sudah lebih dari enam dekade.



Pria asal Burgebarch, Bavaria ini membangun miniatur kota yang diberi nama 'Kota Sperber' tersebut dengan inspirasi dari kota-kota seperti Frankfurt am Main, New York dan Chicago.



Ia yang dulu bekerja di industri mebel, membangun kotanya tersebut dari kardus-kardus kotak sepatu yang kemudian ia ubah menjadi replika gedung-gedung pencakar langit.



Hasil karya yang telah dilakukannya selama hampir 65 tahun itu sangat mengesankan dengan lebih dari 4.000 bangunan telah dibangun.

Miniatur itu sendiri memiliki luas lebih dari 40 meter persegi dan beberapa koleksinya dapat dilihat di ruang pameran bekas toko furnitur di kotanya.

Sperber menghabiskan hingga tiga jam sehari mengerjakan hobinya menggunakan beberapa alat seperti penggaris, pensil, lem, dan kardus.

"Aku membangun lebih dari 100 rumah dalam setahun," kata Sperber. Setiap rumah membutuhkan waktu pembuatan yang berbeda. "Itu semua tergantung pada gaya dan arsitekturnya."

Bangunan modern dapat dibuat dengan relatif lebih cepat, sedangkan rumah-rumah dari jaman dahulu lebih kompleks karena detailnya yang rumit.

Meski terinspirasi dari gedung-gedung pencakar langit di Amerika, tapi ia mengaku belum pernah mengunjungi tempat-tempat itu.

Untuk memamerkan koleksi lengkapnya akan cukup susah. Dia tentu membutuhkan lebih banyak ruang, dan kini harus puas hanya menyimpan ciptaannya. "Aku membutuhkan tempat seluas 100 meter persegi," kata Sperber.

Diorama di sebuah sudut kota berbentuk bangunan bertingkat lengkap dengan jemuaran, mirip dengan asilnya sehingga walaupun diorama ini terbuat dari kardus tetapi tampak hidup.

Diorama bangunan di sudut kota dari kardus



Diorama suasana rumah kos dari kardus

Diorama suasana bangunan mirip kos-kosan di sudut kota, di tambah hiasan jemuran, tangga dan toren air membuat diorama ini terlihat hidup.

Diorama kardus rumah bertingkat

Karya abstrak bangunan bertumpuk di bawah ini terlihat cukup menarik karena bentuknya tidak biasa, tapi bisa di jadikan hiasan atau pajangan di rumah anda.

Diorama Bangunan dari Kardus

Diorama ini mirip sebuah kota di Brasil yang bertingkat dan berwarna warni. Tambahan lamp, tiang listrik dan pewarnaan dengan teknik washing membuat diorama ini mirip dengan kondisi aslinya.


Diorama Toko dari Kardus

Diorama ini cukup rapih dan detail lengkap dengan papan nama dan aksesorisnya. Jika anda bisa membuat diorama toko seperti ini, bisa jadi akan ada yang minta di buatkan oleh anda sebagai miniature tokonya.

 Diorama Bangunan dari Kardus

Yang satu ini terlihat sederhana, tapi jika di lihat lebih lama proses pembuatanya tidak bisa di bilang mudah. Mengandalkan imajinasi kemudian ukuran yang tepat dan sentuhan spidol membuat bangunan ini nampak nyata.

 Diorama Perumahan Dari Kardus

Jika di lihat bentuk bangunan ini seperti bangunan di eropa atau mungkin bangunan seperti di fil harry poter. Bentuknya mirip dengan asilnya.



Posting Komentar untuk "Membuat Diorama Gedung Dari Kardus"