Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Membuat Gelang Cantik dari Botol Bekas Untuk Liburan

Cara Mudah Membuat Gelang Cantik dari Botol Bekas Untuk Liburan

Bagi para kaum wanita baik remaja ataupun dewasa biasanya suka sekali menggunakan aksesoris untuk memperindah penampilan mereka, biasanya aksesoris yang sering mereka gunakan adalah kalung, anting gelang dan jam tangan. Dan juga beberapa aksesoris pendukung lainnya. Nah bagi kamu yang ingin tampil beda tapi ingin tetap tampil cantik tapi hanya memiliki budget yang minimalis kamu bisa loh membuat beberapa aksesoris dari barang bekas, tentunya dengan ide dan sentuhan yang kreatif akan menghasilkan karya yang indah walapun hanya dengan memanfaatkan barang bekas.

Pada artikel kali ini kita akan coba membuat gelang cantik dengan memanfaatkan sisa dari botol bekas. Apa saja yang perlu di siapkan untuk membuatnya, yuk simak di bawah ini :

Alat dan Bahan yang di persiapkan




  1. Botol Plastik sisa air miniral atau soft drink
  2. Solatip atau solas,i gunakan solasi kertas
  3. Gunting 
  4. Setrikaan
  5. cat kuku atau kutek
  6. kuas, kuas kecil untuk melukis

Proses Memotong dan membentuk gelang

Buatlah pola dengan bantuan solatip pada botol plastic dengan bentuk melingkar, pastikan lingkarannya pas tidak miring agar pada saat proses pemotongan nanti hasilnya akan rapih. Gunakan 2 buah solasi untuk membuat ukuran gelang lebih lebar, namun jika anda ingin membuatnya lebih kecil anda cukup menggunakan 1 lembar solasi saja. Potonglah botol plastik bekas mengikuti pola dari solasi. Jika sudah selesai di gunting lepaskan solasi yang menempel pada hasil potongan. Oia jika di gunakan untuk anak-anak pakailah botol plastik dengan ukuran yang lebih kecil ya, tentunya agar saat di pakai nanti tidak terlalu kebesaran.




Proses Menghaluskan sisi-sisi gelang

Gelang plastik yang sudah kamu potong tadi selanjutnya akan masuk ke tahap penghalusan pada sekeliling atau pinggir gelangnya. Yang perlu dii siapkan pada proses ini adalah sebuah setrika yang sudah di panaskan, Jika setrika di rasa sudah cukup panas, agar labih rata proses meratakanya di sarankan memilih jenis pansa yang medium, selanjutnya tempelkan sisi luar kanan dan kiri gelang pada setrika, proses ini di lakukan dengan tujuan selain membuat sisi luar gelang tidak tajam juga membuat tampilanya lebih menarik. Periksa kembali sisi luar gelang apakah sudah rata dan halus bentuknya, jika belum anda bisa mengulang proses di atas sampai bentuk dan hasilnya sesuai.





Proses Menghias Gelang Plastik

Langkah selanjutnya adalah menghias permukaan gelang plastik dari botol bekas agar lebih cantik. Alat dan bahan yang perlu di siapkan untuk proses ini adalah kuas dan cat kuku. Anda bisa melukisnya sesuai dengan selera anda atau bisa mencoba mengikuti contoh seperti pada gambar ini. Selain menggunakan cat kuku anda juga bisa menempelkan permukaan gelang dengan beberapa aksesoris seperti manik-manik atau lainnya. Jika proses melukis dan mewarnai selesai jangan lupa melapisi cat dengan pernis atau bisa di sebut coating tujunya adalah melindungi cat agar lebih kuat dan awet tidak mudah tergores jika terkena benda-benda seperti tembok saat anda menggunakanya.



Dan jadi deh gelang cantik dan unik hasil kreatifitas anda memanfaatkan barang dari botol plastik bekas yang ada di rumah. Jika hasilnya bagus bisa juga loh anda jual dan tawarkan ke teman-tema tinggal foto dan bagikan deh di Facebook atau Instagram.


Selamat mencoba ya, teruslah berkarya dengan ide dan kreatifitas anda, Karena selain membuat gelang masih banyak kerajinan tangan dari botol plastik bekas yang bisa kamu buat.  

#kerajinan tangan dari botol bekas, #kerajinan tangan dari botol plastik bekas, #gelang dari botol bekas.

sumber gambar : hans-blog12

1 komentar untuk "Cara Mudah Membuat Gelang Cantik dari Botol Bekas Untuk Liburan"

nurfa 10/21/2019 Hapus Komentar
tutorialnya sangat mudah untuk di praktekan