Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Membuat Kerajinan Dari Kain Perca Yang Mudah

Ragam Kreasi Aksesoris Dari Kain Perca. Untuk beberapa pelaku usaha konveksi, kain perca mungkin tidak memiliki harga dan nilai jual. Mereka biasanya tidak memperhitungkan sebuah kain perca karena ukurannya begitu kecil atau mempunyai bentuk yang tidak teratur. Tidaklah heran, tumpukan kain perca itu jadi sampah dan akan berakhir dalam tempat sampah.

Banyaknya jumlah kain perca yang dibuat oleh pelaku usaha konveksi nyatanya menjadi 'harta karun' untuk beberapa pelaku usaha dan menjadikan barang berupa aksesori dari kain perca. Dengan bekal kreativitas, mereka menyulap barang sampah itu jadi product fungsional berbentuk kreasi kain perca yang berharga jual. Salah satunya aksesories dari kain perca khusus untuk beberapa wanita. Karena dengan tampilan etnik nan unik, banyak membuat kaum hawa mengincar bermacam kreasi aksesoris dari kain perca seperti kalung, gelang, bros, dan hiasan rambut (headpiece) dari kain perca batik.

Kain perca merupakan jenis kain dari sisa pembuatan baju, biasanya berupa potongan kain-kain kecil yang dibuang oleh pemiliknya karena dianggap hanya bisa menjadi sampah dari sisa pembuatan pakaian. Akan tetapi tahukah anda jika kain perca bisa dibuat kerajinan tangan berbagai macam kreasi yang memiliki nilai jual? Lantas bagaimana cara membuat kerajinan dari kain perca dan proses membuatnya ? Kemudian apakah ada kerajinan dari kain perca yang mudah untuk di buat?

Kerajinan dari kain perca bisa di artikan sebagai gabungan dari seni tradisional, yang bisa di lihat pada proses pembuatan bermacam kreasi kain perca atau aksesori dari kain perca, dan seni moderen yang bisa anda lihat dari hasil berbagai macam karajinan tangan dari kain percat. Hasil kreasi dari kain perca bukan hanya sekedar memiliki nilai jual akan tetapi memiliki ciri atau kekhasan sendiri dari kaerajinan tangan dengan menggunakan bahan lain.

Ragam Kreasi Kerajinan Tangan dari Kain Perca

Kekhasan serta kecantikan product yang dibuat dengan kerajinan dari kain perca bisa muncul dari kombinasi warna, motif serta modifikasi yang lain bersamaan dengan ide dan kreativitas sang pengrajin. Kerajinan kain perca dan langkah membuatnya biasanya di kerjakan dalam industri rumah tangga yang di dalamnya di isi oleh beberapa orang kreatif yang mempunyai jiwa seni yang tinggi.
Akan tetapi saat ini sudah banyak individu yang hanya ingin mencoba membuat kreasi kerajinan dari kain perca sendiri mulai dari yang mudah di buat untuk sekedar  hobi dalam mengisi waktu senggang. Berbagai macam bentuk dan paduan warna, corak dari kain perca yang bisa di hasilkan membuat para wanita dan pelaku industry UMKM tertarik untuk mencobanya, di tambah dengan modal yang tidak terlalalu besar dan bahan baku yang mudah di dapat.
Banyak anak-anak sekolah di beberapa daerah yang mendapatkan tugas untuk mebuat kerajinan tangan dari bahan kain perca, hal ini dapat dijadikan sebuah edukasi untuk mendidik agar memiliki jiwa seni dan mengembangkan kreatifitas anak. Hal lainnya yang dapat di ajarkan kepada anak adalah belajar memanfaatkan barang bekas yang sudah tidak terpakai menjadi barang yang bernilai dan bisa di manfaatkan kembali.

Ragam Kreasi Kain Perca Untuk Pemula

Seperti yang telah kita bahas di atas jika kain perca bisa dibuat menjadi kerajinan tangan berbentuk aksesori dari kain perca atau bermacam kreasi yang memiliki nilai jual yang tinggi. Hasil berbagai macam kerajinan tangan dari kain perca sangat bergantung dari kreativitas para pengrajin atau bisa juga mengambil referensi dari internet agar aksesoris yang di hasilkan lebih beragam.
Oleh karena itu pada saat ini kita akan membahas berbagai macam contoh kerajinan tangan kreasi dari kain perca dan bermacam aksesori dari kain perca yang mungkin akan memberikan inspirasi buat anda dalam mencari ide saat membuat kerajinan tangan dari kain perca.

1. Lukisan dari Kain Perca 

Untuk jenis aksesori dari kain perca yang pertama kita akan tampilkan adalah berbentuk lukisan yang terbuat dari kain perca. Untuk membuat gambar dari kain perca ini dapat dipertegas dengan memakai spidol. Pakailah lebih banyak kain agar bisa membuat beragam warna dan gambar. Lalu untuk tempelkan kain dapat dengan memakai lem kertas atau lem fox. Anda dapat juga memakai kain jenis katun tujuanya untuk memudahkan anda saat menmpelkan kain perca. Jika anda mempunyai kreatifitas, bangunlah kreatifitas anda sampai bisa menjadi seni yang indah berbentuk bermacam kreasi dari kain perca.
Lukisan dar kain perca
Lukisan dari kain perca

2. Kaligrafi dari Kain Perca 

Jika kita lihat gambar lukisan di atas mungkin anda tidak akan menyangka jika bahan yang di gunakan untuk membuat lukisan itu adalah kain perca. Ya, di tangan orang kreatif kenyataannya kain perca bisa dibuat jadi kaligrafi yang indah dan tentu memiliki nilai jual yang tinggi. Jadi untuk membuat kaligrafi kita tidak selalu menggunakan cat berwarna saja. Bagaimana, Sudah ada ide kaligrafi lainnya yang mau anda buat dari kain perca…
kaligrafi dari kain perca
Kaligrafi dari kain perca

3. Kerajinan bantal anak dari kain perca 

Dengan menggunakan kain perca anda juga dapat membuat bantal yang unik dan lucu ini yang disebut kreasi dari kain perca. Dengan susunan kain yang lembut dan nyaman serta lukisan yang lucu tentunya akan disukai oleh anak-anak, Sehingga bantal kreasi dari kain perca ini cocok untuk adik, atau anak anda, Bisa juga anda berikan sebagai Kado ulang tahun.
Bantal dari kain perca
Bantal dari kain perca

4. Keset Unik dari Kain Perca 

Jika di rumah anda belum ada keset atau keset yang ada sudah usang, mungkin sudah saatnya untuk mencoba membuat keset hasil kreasi sendiri dari kain percai. Dengan menggabungkan beberapa kain perca dan beberapa pola yang unik untuk menghiasi tampilan keset itu. Bentuk keset dari kain perca bisa anda buat bulat persegi panjang atau bentuk lainya, tidak menutup kemungkinan jika hasil karya anda bagus dan unik bisa juga anda pasarkan ke teman atau iklankan di toko online.
Kerajinan keset dari karin perca
Keset unik dari kain perca

5. Ragam kreasi bros dari kain perca 

Siapa yang bisa menduga jika bros yang unik dan indah ini adalah aksesoris dari kain perca yang dibuat dari potongan-potongan kain sisa sampah dari konveksi. Kain perca itu disulap jadi bermacam bros yang indah dan memiliki nilai jual dan ini adalah salah satu kerajinan tangan dari kain perca yang mudah di buat.
Kerajinan bros dari kain perca
Bros dari kain perca

6. Aksesoris wanita berbentuk bando atau bandana dari kain perca 

Anda bisa untuk mengawali membuat aksesori dari kain perca ini dengan menjahit bahan kain agar membuat sebuah tabung. Tabung ini yang akan menjadi bagian penting dari bando yang kelak akan melingkari kepala anda dengan hiasan ini. Usahakan untuk membuat bando tampak serapih mungkin, akan tetapi karena bando ini menggunakan bahan yang lentur, jahitan yang kurang rapi dari kerajinan bisa membuat jahitan terlepas, pastikan jahitan anda kuat dan rapih.
Bando dari kain perca
Bando dari kain perca

7. Aksesoris kalung wanita dari kain perca 

Untuk pemula, mungkin sedikit sulit untuk membuat kalung  kreasi dari kain perca. Kain perca yang digunakan dapat berupa kain polos atau bermotif seperti kain batik. Bahan yang digunakan sesuai dengan keinginan kita, walaupun begitu untuk jenis ini sebaiknya siapkan terlebih dulu kain perca dengan bahan yang cukup tebal.
Kerajinan kalung dari kain perca
Kalung dari kain perca

8. Aksesoris tas wanita dari kain perca 

Aksesoris selanjutnya  adalah membuah Tas wanita dari kain perca. Untuk membuat aksesori dari kain perca berbentuk tas menggunakan kain perca kenyataannya tidaklah terlalu sulit bahkan bisa di bilang gampang. Karena untuk membuat kerajinan tas dari kain perca ini tidak serumit dengan apakah yang kita pikirkan. Anda hanya perlu melapisi tas yang sudah jadi dengan kain perca, kreatif dan kerapihan dalam mengolahnya juga sangat penting.
Tas cantik dari kain perca
Tas cantik dari kain perca

9. Boneka dari kain perca 

Anda ingin menghadiahkan kado spesial untuk sodara atau rekanan tapi dananya hanya terbatas? anda bisa membuat boneka kreasi dari kain perca ini, tidak hanya harga nya yang terbilang murah, kerajinan dari kain perca yang mudah dibuat ini juga dapat dipakai menjadi media untuk mengasah kreatifitas anda.
Kerajinan boneka dari kain perca
Kerajinan boneka dari kain perca

10. Sepatu keren dari kain perca 

Anda senang jalan-jalan? Baik kaum pria dan wanita tentu ada yang memiliki hobi jalan-jalan. Nah agar anda tampil beda saat bepergian anda bisa mencoba sepatu yang di lapisi dengan kain perca. Ternyata bentuk dan kreasi yang di hasilkan cukup lumayan loh, bahkan ada potensi bisa di jual ke teman atau di media sosial. Sepatu dari kain perca menjadi salah satu ide dan jalan keluar untuk anda yang bosan memakai sepatu sport.
Sepatu dari kain perca
Sepatu dari kain perca

Demikianlah artikel tentang kerajinan tangan dari kain perca yang ternyata bisa di olah menjadi berbagai macam bentuk dan model sesuai kreatifitas anda. Ikuti terus blog ragamkerajinan tangan ya untuk menemukan ide-ide baru seputar kerajinan tangan

Posting Komentar untuk "10 Cara Membuat Kerajinan Dari Kain Perca Yang Mudah"