Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Membuat Kerajinan Tangan Tempat Pencil Lucu dari Botol Bekas Air Mineral

Bertemu kembali di ragam kerajinan tangan. Saat ini kita bahas cara membuat kerajinan tangan tempat pensil lucu dari botol bekas air mineral.

Beberapa jenis sampah ataupun limbah yang bisa dibuat jadi kerajinan tangan mulai dari kain perca, batok kelapa, kaca, serta masih banyak lagi yang lainnya tidak terkecuali limbah sampah berupa botol bekas. Dari semua barang bekas yang ada tersebut sebetulnya masih ada barang-barang yang bisa dipakai untuk kehidupan keseharian. 

Oleh karena jumlahnya penimbunan sampah dari bahan bekas yang jarang di gunakan, sehingga banyak pula cara yang dapat kita gunakan untuk menjadikan sampah itu lebih berguna. 

Seperti process barang-barang lainnya, pemrosesan sampah dengan kreatif serta inovatif dapat menjadikan sampah bekas itu mempunyai manfaat yang berguna untuk pekerjaan keseharian bahkan kerjajinan tangan dari barang bekas juga memiliki nilai komersial. 


4 Cara Membuat Kerajinan Tangan Tempat Pencil Lucu dari Botol Bekas Air Mineral



Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Air Mineral
Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Air Mineral
Pada kesempatan kali ini kita akan membahas langkah-langkah pengolahah kerajinan dari botol bekas yang dapat digunakan untuk pekerjaan / aktivitas keseharian kita. 

Dan tentunya dengan adanya aktivitas ini, akan mampu untuk mengurangi tingkat polusi dari botol bekas sendiri.


Kenapa Harus Memanfaatkan Botol Bekas untuk Kerajinan Tangan ? 

Botol bekas merupakan salah satu barang yang bisa jadi dipandang sebelah mata dikarenakan anggapan bahwa sampah merupakan pengganggu kelestarian alam, karena makin tahun makin banyak pula penggunaan botol untuk kepentingan penjualan produk cair. 

Mulai dari botol kaleng, botol plastik, serta tipe-tipe botol yang lainnya. Botol-botol itu sangat banyak serta menumpuk, tidak cuma kota besar saja namun hampir di semua tempat sampai mengakibatkan pencemaran lingkungan. 

Penduduk yang masih saja kurang begitu memahami mengenai bahaya pencemaran lingkungan menjadi satu aspek terpenting dari minimnya pemrosesan botol bekas ini. 

Cara membuat kerajinan tangan dari botol bekas air mineral sangat lah beragam. Anda bisa merubah sampah plastik menjadi bentuk yang memiliki nilai tinggi, dan yang terpenting dengan mendaur ulang sampah plastik menjadi kerajinan tangan merupakan salah satu cara melindungi alam dari pencemaran lingkungan.

Manfaat Mengolah Limbah Botol Menjadi Kerajinan 

Ada begitu banyak faedah yang kita bisa dapatkan dari sampah yang satu ini. Diantaranya ialah kita ikut juga dalam pengurangan polutan pencemaran lingkungan, diluar itu dengan pemrosesan sampah botol ini kita dapat juga mengalirkan inspirasi kreatif kita. 

Atau bahkan kerajinan tangan dari sampah botol bekas ini pada akhirnya akan memberikan nilai material yang tidak sedikit sehingga bisa menjadi bisnis utama yang menghasilkan income besar.

Diluar itu botol sendiri yang telah jadi produk kerajinan tangan entahlah itu botol kaleng, plastik, ataupun kaca sangat berharga dan memiliki nilai jual yang tinggi. Sebab masih begitu jarangnya pemrosesan sampah menjadi barang yang dipandang memiliki seni tinggi. 

Selain hal tersebut, kita dapat juga jadikan hasil dari kerajinan botol bekas ini menjadi mata pencaharian tambahan, serta merubah hal ini menjadi fasilitas untuk meningkatkan produktivitas buat anak-anak muda.

Sangat banyak kerajinan dari botol bekas yang dapat kita gunakan untuk kehidupan keseharian. Sumberdaya botol bekas juga selalu tetap ada serta jumlahnya bahkan banyak sekali. 

Coba saja anda pikirkan, Banyak type dari botol bekas yang dibuat untuk penggunaan dalam keseharian. Dari type botol plastik, kaleng, kaca, serta ada banyak lagi yang lainnya. 

Barang sederhana yang seringkali kita lupakan itu pada kenyataan nya begitu berharga dan bisa memiliki nilai seni yang tinggi serta bahkan berharga komersial yang tinggi juga. 

Berikut ini ialah contoh-contoh Cara Membuat Kerajinan Tangan Tempat Pencil Lucu dari Botol Bekas Air Mineral yang unik kreatif serta gampang untuk dibuatnya tentu saja. 


Kerajinan-Kerajinan Unik Dan Keren Dari Limbah Botol 

Untuk menyulap sampah botol bekas yang berada dimana saja hanya membutuhkan bekal berupa keuletan serta kreativitas tiada batas dan inspirasi kreatrif. 

Tidak menutup peluang jika barang sesederhana semacam itu dapat berubah manfaat menjadi pembantu sarana kehidupan keseharian, dan menjadi penopang utama ekonomi keluarga


1. Tempat Pensil Dengan Resleting


Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Air Mineral
Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Air Mineral
Botol plastik merupakan salah satu sampah yang sangat banyak menumpuk di rumah-rumah. Terutamanya botol bekas air mineral atau soda. bila tidak dapat memakainya, botol-botol ini pun pada akhirnya teronggok demikian saja dalam tempat sampah. Walau sebenarnya perlu waktu yang sangat lama untuk menguraikan bahan plastik. 

Bila anda miliki banyak botol plastik yang tidak terpakai, janganlah cepat-cepat dibuang. Dengan sedikit sentuhan kreatifitas, anda dapat menyulapnya menjadi benda yang lebih bermanfaat. Contohnya tempat pensil. Bagaimana triknya? Yuk intip panduan di bawah ini. 

Bahan serta alat: 

2 buah botol plastik yang persis sama 
1 buah resleting, pilih yang bergigi besar serta seukuran diameter botol 
Lem tembak 
Gunting 

Cara membuat: 
  1. Mulailah dengan menggunting sisi botol plastik sesuai keinginan anda. Ukur berapa tinggi guntingan yang anda kehendaki. 
  2. Ukur resleting sesuai dengan sisi leher potongan botol. Bila sangat panjang, potong resleting di bagian yang menjuntai ya, bukan pada kuncian resletingnya. 
  3. Rekatkan resleting di bagian dalam leher botol memakai lem tembak. yakinkan anda menyambung sisi luar resleting ke bagian dalam leher botol. 
  4. Selanjutnya, rekatkan bagian resleting yang satunya di bagian tutup botol. 
  5. Selesai. 


Tempat pensil ini unik serta bisa diberdirikan. Bila anda ingin bentuk yang berlainan, anda dapat mengecatnya sesuai dengan keinginan dan kreatifitas imajinasi anda. Selamat moncoba.


2. Tempat Pensil Dengan Motif Kelinci


Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Air Mineral
Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Air Mineral
Motif kelinci pasti begitu disenangi oleh anak-anak serta orang dewasa. Cuma dengan bermodalkan botol plastik (botol air mineral) bekas saja Anda bisa membuat tempat pensil bermotif bunny yang begitu lucu bila diletakkan diatas meja belajar. 

Berikut ini adalah alat serta bahan untuk membuat tempat pensil bunny dari botol bekas: 
  • Botol air mineral bekas 
  • Gunting 
  • Cat berwarna pink, hitam, putih, serta warna favorite Anda yang lain 
  • Mangkok berisi air 
  • Koran untuk tutup lantai/meja supaya tidak terserang cat 
  • Beberapa type kuas 


Ikuti beberapa langkah berikut ini untuk membentuk tempat pensil bunny dari botol bekas: 
  1. Potong sisi tutup dari botol plastik memakai gunting, cutter, atau pisau tajam 
  2. Lapisi semua sisi botol dengan cat berwarna putih, lantas biarkanlah sampai kering 
  3. Sesudah susunan cat putih kering, buat gambar kelinci. 
  4. Mulai dari membuat lingkaran muka dari cat warna putih, sepasang mata serta senyum dengan cat hitam, telinga dengan cat hitam, serta paling akhir beri warna sisi dalam telinga dengan cat berwarna pink 
  5. Jemur botol sampai kering dan akhirnya tempat pensil bunny telah siap dipakai! 


Hanya sebagai informasi saja bahwa mangkok berisi air dapat dipakai untuk membersihkan kuas bila Anda cuma mempunyai satu kuas. 

Jadi, sebelum mencelupkan kuas ke cat berwarna lainnya, anda dapat membersihkan kuas tersebut supaya bekas cat awal mulanya hilang. 

Tidak hanya untuk menggambar kelinci, Anda pun tentu saja bisa menggambar motif binatang atau objek yang lain yang Anda gemari. Tidak hanya memakai botol plastik, Anda dapat juga menggantinya dengan botol sampo atau kaleng bekas minuman.


3. Tempat Pensil Ramah Lingkungan


Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Air Mineral
Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Air Mineral
Tempat pensil ramah lingkungan ini hampir 100% memakai bahan bekas yang didaur ulang. Alat serta bahan yang diperlukan pastinya ada di dalam rumah Anda. Bahan pentingnya cuma berasal dari botol plastik (Air mineral) bekas. 

Tidak hanya ramah lingkungan, inspirasi membuat tempat pensil ini pula pastinya tidak akan menguras isi dompet Anda. 

Tempat pensil ini juga akan sangat sesuai jika Anda kurang mahir dalam hal menggambar sebagaimana yang kita lakukan terhadap cara pembuatan tempat pensil bunny pada point kedua dalam membuat kerajinan tangan berupa tempat pensil. 

Berikut alat serta bahan yang diperlukan untuk membuat tempat pensil ramah lingkungan: 
  • Botol air mineral bekas 
  • Selotip bening 
  • Gunting 


Ikuti beberapa langkah berikut ini untuk membuat kotak pensil ramah lingkungan dari botol bekas: 
  1. Membersihkan botol bekas terlebih dulu 
  2. Hilangkan cap air mineral yang ada pada botol, janganlah buang cap itu bila Anda akan memakainya untuk dekorasi tempat pensil 
  3. Potong sisi atas botol, tapi janganlah dibuang terlebih dulu sebab sisi atas botol akan dipakai 
  4. Masukan semua alat catat, seperti pensil, bolpen, pensil warna, dan lain-lain ke botol 
  5. Berikan selotip di pinggir botol untuk menempelkan sisi atas botol yang tadi digunting, nanti tempat pensil ini akan di buka serta ditutup dengan gampang 
  6. Ta-da! Tempat pensil ramah lingkungan siap untuk dipajang di dalam rumah ataupun kantor 


Bila Anda masih tetap menaruh cap air mineral, maka anda dapat memakainya untuk hiasan di sisi luar tempat pensil. Namun, bila Anda tidak mau mendesain sisi luar tempat pensil dengan cap air mineral, Anda dapat menemplekan stiker atau photo pada dibagian luar tempat pensil ramah lingkungan ini. 


4. Tempat Pensil Unik Kreatif


Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Air Mineral
Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Air Mineral
Alat serta Bahan untuk Membuat Tempat Pensil Unik Kreatif

Alat-alat serta bahan yang dibutuhkan untuk membuat tempat pensil seperti gambar diatas begitu simpel serta gampang didapat. Bahan-bahannya justru dari beberapa benda yang mungkin dipandang sebagai sampah yaitu botol bekas air mineral. 

Di bawah ini ialah rincian alat serta bahan yang dibutuhkan untuk membuat: 
  • botol plastik sisa minuman mudah 1 buah 
  • kertas sampul warna hijau (atau kertas berwarna yang lain) ukuran 21 cm x 8 cm sekitar 1 lembar 
  • potongan bekas kertas pembungkus hadiah berwarna perak atau emas, atau warna apa saja ukuran 1 cm x 21 cm 1 helai 
  • 3 helai potongan kertas sampul warna merah ukuran 2 cm x 31 cm untuk membuat bunga mawar 
  • selembar kertas warna hijau muda ukuran 4 cm x 8 cm untuk membentuk daun bunga mawar 
  • setangkai ranting kering dari rerumputan 
  • lem tembak (hot glue), atau lem UHU 
  • gunting 
  • spidol merah serta hijau 
  • mistar 

Langkah-Langkah Cara Membuat Tempat Pensil dari Botol Plastik Bekas Minuman yang mudah dibuat, anda akan bisa melakukannya dengan tahapan langkah berikut ini :
  1. Sediakan satu botol plastik, dari merk apa pun bisa. Bersihkan botol plastic bekas tersebut serta keringkan. 
  2. Gunting botol dengan tinggi dari dasar botol plastik kurang lebih 3/4 panjang ukuran umum pulpen atau pensil. 
  3. Ambillah potongan botol plastik bagian bawah, serta taruh sisi atas supaya dapat kita gunakan sebagai kerajinan tangan yang lain kelak. 
  4. Sediakan kertas-kertas yang dibutuhkan. 
  5. Balut sisi paling atas botol plastik dengan kertas sampul warna hijau (atau kertas berwarna yang lain) ukuran 21 cm x 8 cm. Kita mungkin membutuhkan mistar, spidol atau pulpen serta gunting untuk langkah ini. 
  6. Pakai lem tembak untuk merekatkannya pada botol, atau anda bisa memakai lem UHU atau sejenisnya. 
  7. Imbuhkan sedikit aksen pemanis di bibir atas potongan botol plastik dengan cara menempelkan dengan melingkar kertas warna perak atau warna emas. (Sebetulnya warna apa pun pasti bisa, pakai saja persediaan kertas sisa yang ada). 
  8. Sediakan daun bunga mawar dengan menggunting kertas warna hijau muda ukuran 4 cm x 8 cm. Buat daun yang kecil-kecil saja (lebar sekitar 1 cm serta panjang sekitar 1,5 cm). 
  9. Sediakan setangkai batang atau ranting rerumputan yang sudah kering. 
  10. Buat 3 kuntum bunga mawar dari kertas. Anda bisa melihat triknya pada panduan Cara Membuat Bunga Mawar Merah dengan Tehnik Melipat Pita. Tentu saja kita ikut bisa memakai mode bunga kertas yang lainnya. 
  11. Mungkin beberapa panduan langkah membuat bunga kertas yang bisa kita dapatkan di internet bisa menjadi pilihan yang bagus untuk kreasi kita. 
  12. Pakai spidol merah untuk menutupi sisa potongan kertas (sisa guntingan) disamping kertas yang terlihat berwarna putih. 
  13. Pakai lem tembak (hot glue) untuk menempelkan 3 kuntum bunga mawar. Tempatkan bunga-bunga ini dibagian tengah tinggi botol. Susun seperti membuat sebuah segitiga. Biarlah lem mengeras serta dingin sampai bunga-bunga kertas melekat dengan baik serta kuat. 
  14. Kembali dengan memakai lem tembak, potong ranting kering serta susun sesuaikan formasi bunga. 
  15. Imbuhkan beberapa helaian daun yang sudah anda buat dan susun. Bila dibutuhkan, anda bisa menggambar urat-urat atau tulang daun dengan spidol warna hijau tua.
  16. Biarlah semua lem jadi kering serta ornament bunga-bunga mawar komplet dengan ranting serta daunnya tertempel erat pada kertas pembalut botol plastik. 
  17. Nah, jadilah sudah tempat pensil dari botol plastic yang unik dan kreatif. 


Bagaimana menurut anda ? Gampang ya, langkah membuat kerajinan tangan tempat pensil seperti ini. Semua anak tentu bisa melakukan nya, ditambah lagi panduan ini diperlengkapi dengan gambar-gambar yang cukup jelas. 

Demikian langkah membuat kerajinan tangan untuk anak dari sisa botol plastik minuman yang mudah dibuat. Mudah-mudahan memberikan inspirasi serta berguna.


Refference :
ud-adhika.com, bacaterus.com, hamparan.net, novehasanah.blogspot.com

#CaraMembuatKerajinaTangandariBotolBekasAirMineral, #kerajinanbotolbekas

Posting Komentar untuk "4 Cara Membuat Kerajinan Tangan Tempat Pencil Lucu dari Botol Bekas Air Mineral"