Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

16 Ide Kreatif Kerajinan Cangkang Telur

30 Ide Kreatif Kerajinan Cangkang Telur-Ragam Kerajinan tangan. Siapa bilang kulit telur hanya sekedar sampah sampah yang ga ada manfaatnya, Kerajinan tangan dari kulit telur dengan memanfaatkan limbah sisa dari cangkang telur merupakan suatu hal yang sangat menarik dan kreatif juga butuh kesabaran dalam membuatnya. Banyak kreasi dan karya seni yang bisa kamu kreasikan dengan kulit telur. Mulai dari melukisnya, mengukirnya atau menggunakan pecahannya sebagai bahan untuk membuat bingkai sampai membuat kaligrafi dengan kulit telur. Di bawah ini ada beberapa hasil kerajinan dari kulit telur yang bisa kamu coba :

1. Kerajinan Boneka Dari Kulit Telur

Jika kamu suka dengan karekter animasi atau boneka, kamu bisa loh melukisnya di media cangkang telur dengan bantuan cat air kamu bisa melukis karakter yang lucu. Cara membuat boneka dari kulit telur ini juga bisa menggunakan air brush hasilnya akan lebih rapih di bandingkan dengan menggunakan kuas, namun semua kembali ke selera dan ketersediaan yang ada yang penting terus mencoba dan berkreasi ya..

Melukis Karakter
Melukis Boneka Lucu


Melukis Boneka Karakter


2. Kerajinan Kaligrafi Dari Kulit Telur


Biasanya sebuah kaligrafi di buat dengan tinta atau cat khusu, namun ada pengrajin yang memanfaatkan limbah cangkang telur untuk di buat menjadi suatu kaligrafi yang sayang bagus. perpaduan warna dan pola kulit telur bisa menghasilkan tulisan kaligrafi yang indah di pandang. Jika kamu ingin mencobanya mungkin bisa juga di jadikan sebagai tambahan penghasilan.

Kaligrafi Allah dari Cangkang Telur

kerajinan kaligrafi dari cangkang telur

kerajinan kaligrafi Bismillah dari cangkang telur


3. Membuat Lukisan Dari Cangkang Telur


Selain di buat menjadi tokoh karakter kulit atau cangkang telur juga bisa di lukis menjadi beragam motif yang menarik. Biasanya pada tradisi Paskah telur-telur yang sudah di lukis akan di kumpulkan olah anak-anak kecil yang nantinya mereka juga akan mendapatkan hadiah, namun telur yang sudah di lukis dengan motif yang menarik bisa juga di jadikan pajangan pada ruang tamu.

Melukis Telur

Membuat Lukisan Dari Cangkang Telur


4. Membuat Bingkai Dari Kulit Telur


Abadikan momen foto bersama dengan orang tersayang kamu dengan membuat bingkai sendiri. Tapi kali ini kamu bisa mencoba membuat bingkainya sendiri dengan memanfaatkan kulit telur yang sudah di warnai, dalam proses membuatnya juga bisa melibatkan orang-orang yang ada di rumah bisa anak-anak atau pasangan kamu. karena membuatnya bersama-sama setelah jadi pasti akan lebih berkesan di tambah foto bersama keluarga yang ada di dalam bingkai.

Bingkai Dari Cangkang Telur

Bingkai Dari Kulit Telur


5. Kerajinan Tangan Mengukir Cangkang Telur


Siap yang menyangka cangkang telur yang rapuh dan mudah pecah ternyata bisa juga di ukir sedemikian detail seperti pada gambar di bawah ini, bukan hanya skill yang mumpuni dalam membuatnya tapi pastinya kesabaran yang ekstra juga di perlukan. Dengan bentuk ukiran seperti ini jika di pajang di ruang tamu akan menambah nilai estetika yang menarik.

Mengukir Cangkang Telur
Mengukir Kulit Telur

6. Melukis Dinding Dengan Kulit Telur


Menggunakan wallpaper untuk menghias dinding rumah anda mungkin sudah biasa, namun jika anda mencoba menghiasnya dengan memanfaatkan pecahan kulit telur pasti akan jadi luar biasa dan lebih unik. Kamu bisa mencoba mengaplikasikanya di kamar tidur atau juga di ruang tamu.

Lukisan Dinding dari kulit telur

Lukisan bentuk pohon dari kulit telur

7. Membuat Pot Mini Dari Cangkang Telur


Selain menggunakan pot sebagai media tanam yang umum di gunakan, ternyata cangkang telur juga bisa di gunakan sebagai media tanam yang mini loh seperti gambar di bawah ini, Atau jika tidak mau sulit dan kotor menggunakan tanaman sungguhan kamu juga bisa menggunakan tanaman atau bunga buatan yang nantinya bisa kamu pajang di meja tamu atau lemari pajangan.

Pot Mini dari Cangkang Telur

Pot Mini Untuk Tanaman Bunga

8. Membuat Tempat Lilin dari Kulit Telur


Buat yang bingung nyari tempat atau wadah untuk lilin saat mati lampu sekarang ga perlu bingung lagi ya, cukup dengan menggunakan cangkang telur bekas yang tentu isi telurnya sudah di dadar atau di ceplok dan masuk ke dalam keperut kamu hehe...apalagi jika ada waktu luang cangkang telurnya di beri warna seperti di gambar di bawah pasti tambah cantik lagi. 

Tempat Lilin dari Cangkang Telur

Wadah Lilin dari Cangkang Telur

9. Membuat Bentuk Hewan dari Cangkang Telur


Membuat patung hewan atau figure juga bisa kamu buat dengan bermodalkan potongan kulit telur seperti pada gambar di bawah, sepertinya sebelum di lapisi kulit telur pada bagian dalamnya sudah di bentuk dahulu dengan bahan lain. Namun jika di sajikan atau di pajang seperti ini kesan uniknya akan terlihat sekali.


10. Menghias Botol Bekas dari Kulit Telur


Punya botol bekas di rumah yang sudah tidak di pakai..tunggu dulu jangan langsung di buang, botol bekas yang sudah di bersikan dan di beri cat dasar bisa di hias dengan paduan potongan kulit telur, beri beberapa motif pada kulit telur kemudian tempelkan sesuai dengan pola yang kamu suka hasilnya akan cukup bernilai seni seperti pada gambar di bawah ini.


11. Membuat Mozaik dari Cangkang Telur


Sekilas ini memang terlihat seperti potongan puzzle yang berhasil di bentuk menjadi sebuah lukisan atau mozaik namun jika di lihat lebih dekat mozaik ini di buat dengan menggunakan serpihan kulit telur. Mozaik dengan thema bawah laut ini tentu cukup bernilai jual dan sangat cocok untuk menghiasi dinding rumah anda.


12. Membuat Miniatur Taman Dari Cangkang Telur


Anda suka berkebun tapi ingin memiliki taman berukuran mini dan bisa di jadikan sebagai hiasan ruang tamu atau ruangan lain di rumah anda, saatnya anda coba cara seperti gambar di bawah ini. Maanfatkan sisa cangkang telur dan wadah telur yang kamu dapat saat membelinya dalam jumlah banyak di swalayan. masukan tanah yang yang sudah di campurkan pupuk ke dalam cangkang telur baru kemudian berikan tanaman mini yang kamu suka.


13. Membuat Miniatur taman dari Cangkang Telur


Membuat dunia miniatur taman dengan media cangkang telur mungkin sebelumnya tidak pernah terbayang, tapi jika menggunakan media gentong tanah liat memang ada dan di jadikan usaha dan liputanya pun sudah ada di TV, ternyata ada juga orang yang bisa membuat taman miniatur dan di memasukannya ke dalam telur seperti pada gambar di bawah ini.



14. Membuat Lampu Hias dari Cangkang Telur


Yang tidak kalah unik dari di atas adalah membuat lampu hias dengan kumpulan dari cangkang telur. Cahaya lampu yang keluar dari sela-sela telur memberikan kesan yang unik dan teduh sehingga cocok di jadikan lampu tidur di kamar anda.



15. Membuat Mini Speaker dari Cangkang Telur


Mungkin ini yang menjadi favorit bagi penulis karena benar-benar kreatif...membuat speaker mini dengan wadah dari cangkang telur, walaupun tidak tahu kwalitas suara yang di hasilkan dan memang sepertinya lebih mengejar kesan unik dari sebuah speaker mini.



16. Membuat Kartu Ucapan dari kulit Telur


Nah yang terakhir juga tidak kalah indah dan kreatif dari beberapa contoh di atas, membuat kartu ucapan dengan hiasan kulit telur yang sudah di beri hiasan pita, bunga dan warna warni menjadikan kartu ucapan ini berbeda dari yang lainya.



Bagaimana kamu tertarik mencoba salah satu di antara contoh di atas, tidak ada salahnya di coba untuk mengisi waktu luang siapa tau hasilnya bagus dan bisa di jual sehingga menambah penghasilan. Demikianlah artikel dari blog ragam kerajinan tangan semoga bisa menambah ide dan kreasi juga kreatifitas pembaca sekalian.


Tag : kerajinan kaligrafi dari cangkang telur, kerajinan boneka dari cangkang telur, kerajinan cangkang telur sederhana, cara membuat lukisan dari cangkang telur, kerajinan dari pecahan kulit telur, kerajinan dari kulit telur yang mudah dibuat, cara mewarnai cangkang telur, cara membuat bingkai dari cangkang telur, cara membuat kerajinan dari limbah, cara membuat lukisan dari cangkang telur, kerajinan dari kulit telur, kerajinan dari cangkang telur, gambar kaligrafi

2 komentar untuk "16 Ide Kreatif Kerajinan Cangkang Telur "

Admin 3/09/2017 Hapus Komentar
Apakah blog ini dijual?
Saya tertarik untuk mengelolanya
Java Putra 1/05/2018 Hapus Komentar
Maaf Bli.., untuk saat ini blm ada niat untuk menjual blog ragam kerajinan tangan ini..

Terima kasih atas ketertarikan bli Ketut terhadap blog ragam kerajinan tangan