Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

45 Ide Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Kerajinan Dari Bahan Limbah OrganikRagam Kerajinan Tangan.  Indonesia mempunyai banyak bahan dasar limbah yang bisa dijadikan sebagai karya ragam kerajinan tangan. Product kerajinan dari bahan limbah organik yang ada di Indonesia sangat kreatif, inovatif, bermacam serta senantiasa berkembang serta sudah di kenal di mancanegara. Oleh karenanya Indonesia di kenal sebagai negara eksportir paling besar kerajinan yang di buat oleh tangan (handmade). Tangan-tangan trampil serta pemikiran kreatif inovatif karya anak bangsa cukup dikagumi oleh bangsa lain. Kita pantas bangga untuk hal itu. Sebagian photo karya dalam pameran yang dikerjakan di sebagian tempat bisa menunjukkan begitu Indonesia kaya kerajinan dari limbah organik.



Ide Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik



Limbah organik yang dipakai sebagai bahan basic kerajinan tangan dari bahan limbah organik bisa dibedakan jadi 2 sisi, yakni :


1.  Limbah Organik Basah

Sampah atau limbah yang memiliki kandungan air cukup tinggi. Misalnya ; kulit buah serta kulit sayuran atau daun-daunan. Limbah organik basah yang bisa dijadikan karya kerajinan yaitu ; kulit buah/biji-bijian, jerami, kulit jagung, kulit bawang, dsb. 

Pemrosesan limbah organik basah bisa dikerjakan melalui cara pengeringan memakai cahaya matahari langsung maupun tidak langsung sampai kandungan air pada bahan limbah organik habis. Bahan yang telah kering adalah bahan baku yang nanti bisa di buat beragam jenis product kerajinan. Sistem bahan baku jadi bahan yang siap gunakan ditetapkan oleh pengrajin, apakah bakal dicelup warna atau di beri pengawet supaya kuat serta tahan lama, semuanya di pengaruhi oleh maksud si pembuat.


2.  Limbah Organik Kering

Sampah yang memiliki kandungan air cukup rendah. Misalnya ; kertas/kardus, tempurung kelapa, sisik ikan, serbuk gergaji, kayu, kerang, kulit telur, dsb. Nyaris semua limbah organik kering tersebut bisa di proses kembali sebagai karya kerajinan, lantaran sifatnya yang kuat serta tahan lama. 

Pemrosesan limbah organik kering tak perlu banyak persiapan, dikarenakan sifatnya yang kering sehingga type limbah ini bisa segera dipakai. Tetapi yang butuh diantisipasi yaitu bila bahan limbah organik kering ini terserang air, maka yang bisa dikerjakan yaitu dengan langkah pengeringan memakai cahaya matahari langsung atau dengan menggunakan alat pengering lain sampai kandungan air pada bahan kerajinan dari limbah organik ini kembali seperti keadaan awal mulanya. Bahan limbah organik kering adalah bahan baku yang nantinya bisa di buat beragam jenis product kerajinan. Sama seperti dengan bahan organik basah, sistem bahan baku jadi bahan yang siap digunakan ditetapkan oleh pengrajin, apakah bakal dicelup warna atau di beri pelapis supaya kuat serta tahan lama, serta semua juga di pengaruhi oleh maksud pembuat karya kerajinan tangan dari bahan limbah organik tersebut.




Penggolongan/Pengelompokkan Hasil Limbah Organik


1.  Daerah pesisir pantai/laut

Limbah organik yang tersedia di daerah pesisir atau pantai ini cukup banyak, diantaranya adalah cangkang kerang laut, sisik ikan, tulang ikan, tempurung kelapa, sabut kelapa, serta yang lain. 


2. Daerah pegunungan 

Limbah organik yang banyak dibuat di daerah ini yaitu kulit buah-buahan yang bertekstur keras seperti salak, durian ; kulit pete cina, dan yang lain. 


3. Daerah pertanian 

Limbah organik yang didapat pada daerah ini yaitu kulit jagung, batang daun singkong, jerami padi, kulit bawang, serta yang lain. 


4. Daerah perkotaan 

Limbah yang dibuat di daerah perkotaan umumnya kertas, kulit kacang, kulit telur, kardus, kayu, serbuk gergaji, serutan kayu, serta yang lain. Sistem pemrosesan masing-masing bahan limbah organik tersebut pada umumnya sama. Pemrosesan dapat dikerjakan dengan cara manual ataupun memakai mesin.



Sampah organik adalah limbah yang bersal dari sisa makhluk hidup (alam) seperti hewan, manusia, tumbuhan yang mengalami pembusukan atau pelapukan. Sampah atau limbah organik ini tergolong sampah yang ramah lingkungan karena dapat di urai oleh bakteri secara lami dan berlangsungnya cepat.



Contoh Ragam Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik :



1.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Pelepah Pisang

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Sebagian besar orang berasumsi pelepah pisang (yang kering) yaitu sampah yg tidak bermanfaat. Tetapi pelepah pisang saat ini dapat kita manfaatkan untuk dijadikan karya seni kerajinan dari bahan limbah organik yang indah serta bernilai tinggi.


2.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Bonggol Jagung

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Selain di kenal sebagai kota hujan, Bogor adalah kabupaten yang popular dengan bermacam type product asinannya. Dari mulai asinan sayur, asinan buah, hingga asinan jagung bisa Anda dapatkan di kota itu. Potensi berikut yang digunakan Eddie Juandi seseorang pengrajin dari kabupaten Bogor, Jawa Barat. Apabila orang-orang yang lain memakai asinan bogor sebagai kesempatan usaha, lelaki paruh baya ini memakai limbah bonggol jagung yang diperolehnya dari bekas pembuatan asinan untuk menghasilkan bermacam jenis kerajinan limbah organik yang cantik.


3.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kulit Jagung

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Siapa kira bila kulit jagung yang umumnya cuma jadi sampah serta kita buang begitu saja, rupanya di tangan orang yang kreatif bisa disulap jadi hiasan cantik, hiasan kerajinan limbah organik dari kulit jagung yang bisa bermanfaat untuk memperindah ruang dirumah Anda. Kulit jagung dapat dirubah jadi bentuk hiasan berbentuk bunga-bunga dengan warna yang menawan. Langkah untuk membuat hiasan kerajinan dari bahan limbah organik ini dapat dilakukan dengan cukup mudah, seandainya anda menginginkan nya, tanpa belajar pun Anda juga dapat mengerjakannya. Kerajinan tangan dari limbah organik serta cara pembuatannya sering juga dijadikan tugas pada sekolah-sekolah yang ada di Indonesia.


4.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kulit Bawang Putih

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Kulit bawang putih yang akan dipakai mesti betul-betul kering. Bila kulit bawang basah maka bisa dipastikan akan membusuk. Untuk mengeringkan jenis limbah organik ini dapat memakai oven atau di jemur dibawah terik matahari. Kerajinan tangan dari kulit bawang putih ini merupakan kerajinan dari bahan organik yang mudah dibuat.


5.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kulit Bawang Merah

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Faedah lainnya dari kulit bawang merah dapat dipakai sebagai bahan baku kerajinan dari bahan limbah organik. Sebelum bahan limbah organik ini dipakai, kulit bawang baiknya dijemur dibawah cahaya matahari maupun di oven untuk mengurangi kandungan air. Kemudian kulit bawang merah dapat diterapkan untuk di buat sebagai karya seni.


6.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Bawang Merah

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Di sini kita bakal lihat bawang merah dari sisi yang lain. Bawang merah yang bisa dilihat dari kaca mata keindahan. Bawang merah yang dikemas secara kreatif sebagai hiasan kerajinan dari bahan organik yang mudah dibuat. Hiasan yang dapat dipasang di rumah maupun beberapa tempat lain yang kita sukai.


7.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kacang Kacangan / Biji-Bijian

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Kita dapat melihat bahwa sangat banyak biji-bijian di negara kita yang terbuang demikian saja, tak dipakai seperti seharusnya. Umpamanya biji andale, yang bila banyak dapat dijadikan sebagai bahan bubur andale. Diluar itu biji lada serta kulit padi juga umumnya dibuang demikian saja tanpa dipakai lagi, lantaran tidak paham ingin di buat apa. Padahal sebenarnya jenis limbah organik ini di tangan orang yang  kreatif bisa dirubah menjadi kerajinan tangan dari bahan limbah organik.


8.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Jerami

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Batang padi yang umumnya disebut dengan nama jerami ini adalah jenis limbah organik pertanian yang begitu banyak didapat di daerah persawahan. Terlebih ketika waktu panen padi tiba. Sampai kini jerami umum dipakai sebagai makanan ternak, media tanam jamur merang. Walaupun demikian jerami yang ada masihlah berlimpah walaupun kerap hanya dibakar. Kadang-kadang petani memakainya sebagai bahan bakar waktu pembakaran batu bata atau genteng yang dikerjakan di daerah sawah. 

Limbah padi atau jerami itu nyatanya bisa digunakan sebagai bahan dasar kerajinan tangan dari bahan limbah organik yang cukup unik serta artistik. Product jenis kerajinan limbah organik jerami masihlah termasuk langka, hingga begitu punya potensi yang besar agar bisa dikembangkan. Untuk orang-orang yang tinggal di dekat persawahan atau pasar pastinya tak menjumpai kesusahan dalam mencari limbah jerami serta tak perlu mengeluarkan banyak dana untuk membuat kerajinan dari bahan limbah organik ini .


9.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kulit Kerang

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Kerapkali kita temukan ragam kerajinan tangan berasal dari bahan kerang dengan bentuk hewan atau pajangan yang lain. Namun pernah tidak anda terfikir untuk memiliki kerajinan tangan yang memiliki bahan kerang yang tidak cuma untuk pajangan, namun dapat juga jadi barang yang berguna, umpamanya tempat tisu bentuk kotak. Kreasi dari kerang ini bukanlah sekedar hanya untuk hiasan diatas meja, namun sebagai tempat tisu. Praktis serta cemerlang kan idenya? Ide apa yang bisa anda dapatkan untuk membentuk kerajinan dari bahan limbah organik ini?


10.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kulit Telur

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Sesudah dipecahkan untuk dimasak isinya, kulit telur umumnya jadi sampah tidak bermanfaat. Tetapi, di tangan Lita Jonathans, kulit telur yang rapuh itu bisa menjelma jadi kanvas, tempat jutaan inspirasi bermuara jadi karya.

Lita menyebutkan aktivitas kerajinan tangan dari limbah organik serta cara pembuatan yang digelutinya ini dengan arti “menghias” telur daripada “melukis”, lantaran ia tidak cuma memakai cat, tetapi juga melibatkan kertas, pita, sampai manik-manik.

11.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Tempurung Kelapa

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Daur ulang batok kelapa adalah satu diantara bentuk dari melindungi kelestarian lingkungan, mengapa bisa seperti itu? Lantaran kita bisa menolong untuk mengurangi kehadiran limbah dari tempurung kelapa ini yang ada di sekitar lingkungan kita. Berkreasi bikin kerajinan tangan dari bahan limbah organik batok kelapa jadi barang ataupun satu yang unik serta inovatif hingga bisa bernilai ekonomis tinggi.


12. Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Sabut Kelapa

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Nyaris semua sisi kelapa mempunyai fungsi utama dalam keperluan rumah tangga. Sebelum ramainya minyak sawit, minyak kelapa jadi satu diantara pengisi bahan baku memasak. Demikian halnya buah kelapa memiliki banyak manfaat dalam pembuatan beragam jenis makanan tradisional. 

Sedang pohon kelapa dapat menghasilkan banyak product, kayu dari batang kelapa sebagai bahan bangunan, meubel, serta jembatan. Daunnya bermanfaat sebagai bahan sapu, anyaman, atap, serta hiasan. Tempurungnya bisa dipakai sebagai bahan bakar serta kerajinan dari bahan limbah organik

Tetapi sabut jadi satu diantara product tanaman kelapa yang sampai kini sering terbuang. Namun saat ini product sampingan jenis kerajinan limbah organik itu memiliki kesempatan besar untuk mengisi pasar mancanegara. Bila diliat dari volumenya, sabut kelapa adalah sisi paling besar dari buah kelapa yakni sekitaran 35% dari bobot buah kelapa.


13.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kayu Kelapa

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Batang kayu kelapa dapat dijadikan beragam jenis kerajinan tangan dari bahan limbah organik suvenir seperti sloki, lampu hias serta yang lain di tangan Andi (39) asal Sabang, Aceh


14.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Dahan Salak

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Dahan salak begitu berlimpah tetapi pada awalnya dilihat kurang bermanfaat oleh petani salak, selain dibiarkan rubuh serta membusuk dengan sendirinya, pemangkasan dahan salak juga dikerjakan untuk mempermudah mengambil buahnya. 

Tidak sama dengan bambu, sistem pemrosesan bahan baku dahan salak memerlukan saat sedikit lebih lama. Untuk mengambil dahan salak jadi bahan baku kerajinan dari bahan limbah organik mesti dengan jalan dengan membungkuk dalam rimbunnya rumpun, jangan lupa untuk menghindari tergores duri-duri dahan salak.


15.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kulit Bambu

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Selain dipakai sebagai anyaman bamboo, kerajinan dari bahan limbah organik ini dapat juga digunakan sebagai bahan pembuatan alat-alat rumah tangga. Namun bambu paling banyak digunakan sebagai anyaman. Anyaman dapat di buat dengan bahan yang irit namun dapat membuahkan beragam kerajinan tangan yang mempunyai banyak faedah serta nilai ekonomis yang tinggi.


16.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Sisik Ikan

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Sisik ikan yaitu Contoh Inovatif kerajinan tangan dari bahan limbah organik yang layak untuk dicoba dalam meningkatkan usaha dari limbah organik. Contoh Inspirasi Kreatif serta Inovatif dari sisik ikan ini begitu gampang dalam membuatnya. Mudah-mudahan pengembangan sisik ikan ini jadi Contoh Wiraswasta Berhasil buat anda.


17.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Serbuk Gergaji

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Melanjutkan penjelasan mengenai pemakaian jenis limbah organik sebagai bahan untuk bikin karya ragam kerajinan tangan yang ada pada artikel ini, jadi di bawah ini adalah contoh karya seni serta kerajinan tangan berbentuk kolase yang memakai limbah serbuk gergaji atau ampas kelapa sebagai bahan baku dalam membuatnya.


18.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Tulang Ikan

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Adalah inspirasi usaha kreatif kerajinan tangan dari limbah organik yang pas digerakkan di Indonesia. Indonesia yaitu negara maritim yang mempunyai kekayaan laut mengagumkan. Satu diantaranya yaitu hasil laut berbentuk ikan. Sebagian orang-orang Indonesia yaitu nelayan atau yang bekerja di lautan, Rotasi ekonomi yang datang dari beberapa barang laut juga adalah hasil paling besar dari perairan Indonesia. Kerajinan tangan yaitu bidang lain yang juga begitu menguntungkan. Barang bekas seperti tulang belulang ikan mungkin saja yaitu suatu hal yg tidak terpikirkan banyaknya orang bila dihubungkan dengan barang yang dapat dibisniskan. Tetapi bagaimana dengan usaha kerajinan tangan dari tulang ikan?


19.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Tulang Ayam

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Kerajinan tangan dari bahan limbah organik dengan beragam bentuk karya Beni (29) serta Mino (27) itu termasuk unik. Naga, burung phoenix, serta miniatur sepeda motor Harley Davidson itu disusun dari potongan tulang ayam serta ikan yang direkatkan. Naga sepanjang 1, 5 mtr., umpamanya, moncongnya tersusun dari pecahan kepala ayam yang ditambah tulang punggung puyuh. Taring naga dari tulang-tulang ikan. Bentuk lain yang pernah mereka bikin adalah sosok monster, ikan, serta kapal.


20.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kulit Buah Durian

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Dalam dunia wiraswasta, souvenir kerajinan tangan dari bahan limbah organik memiliki bahan basic jenis limbah organik kulit buah durian sekarang ini tidak sering kita jumpai di satu tempat, umumnya memiliki bahan dasar dari kumpulan limbah kain perca, kayu, kekayaan laut, serta lain sebagainya. Oleh karenanya, dari hasil pemikiran ini dapat membawa kita kedalam dunia wiraswasta dimana saja mengenai limbah kulit buah durian. Hal semacam ini dikerjakan supaya didalam kulit buah durian memiliki nilai manfaat sendiri yang dapat membuat suatu hal yang unik serta menarik dan tidak sama dari yang lain, supaya dapat menarik perhatian serta memberi wawasan pada customer nyatanya kulit buah durian ini memiliki nilai manfaat yang berharga serta bukan hanya dibuang demikian saja, yang menumpuk jadi timbunan sampah.

21.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Petai Cina

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Ini merupakan souvenir kerajinan tangan dari bahan limbah organik yaitu lamtoro. Mungkin anda tidaklah terlalu bertanya-tanya tentang kata “kotak tempat tissue“. Namun bagaimana dengan lamtoro? Beberapa orang mungkin saja tak mengetahui apakah itu lamtoro yang disebut bahan pelapis paling utama pada tempat tissue kotak ini. Lamtoro yaitu tanaman polong-polongan yang kerap dikatakan sebagai petai cina tau petai selong.


22.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Biji Karet

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Selain untuk benih sebagai bahan tanaman, biji karet nyatanya mempunyai beberapa faedah yang bernilai ekonomis. Cangkang biji bisa dijadikan arang aktif atau bahan pencampur obat nyamuk bakar. Selain itu bisa dijadikan juga untuk kerajinan tangan dari bahan limbah organik.


23.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kulit Jeruk Bali

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Saat ini, bermain mobil-mobilan serta masak-masakan dari kulit jeruk bali sangatlah langka. Anak-anak tidak tertarik lagi bermain dengan mainan sejenis kerajinan tangan dari bahan  bahan limbah organik ini. Argumennya kuno, ketinggalan jaman. Tak dapat disangkal, memang mainan anak-anak sekarang ini jauh tambah baik serta murah dibanding dengan mainan anak-anak dahulu kala. 

Bermacam type mainan anak-anak didominasi berbahan yang terbuat dari plastik. Harga bahan baku yang lebih murah bisa menghimpit harga mainan itu. Selain itu bahan plastik juga awet lantaran tak gampang pecah. Tetapi efek negatifnya bila mainan-mainan yang berasal berbahan plastik itu sudah tak digunakan lagi serta kemudian dibuang begitu saja tanpa ada yang melakukan process daur ulang maka sudah barang pasti bakal mencemari lingkungan.


24.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Biji Kopi

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Selain bisa dijadikan minuman, biji kopi ini dapat juga di buat sebagai kerajinan tangan dari bahan limbah organik yang unik serta menarik untuk kita. Kerajinan dari bahan biji kopi merupakan kerajinan dari bahan organik yang mudah dibuat. Serta dapat memberikan keuntungan dengan dapat menjualnya.


25.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Batang Pohon Pisang

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Tanaman pisang adalah tanaman yang jamak didapati di semua kepulauan Indonesia serta sampai kini cuma digunakan pada bagian buah serta daunnya saja. Tetapi apakah anda mengetahui jika sesungguhnya batang pisang juga mempunyai nilai ekonomis yang tinggi lantaran di tangan-tangan terampil, batang pisang ini dapat di buat jadi beberapa produk kerajinan dari bahan limbah organik yang bernilai jual tinggi serta disukai oleh pasar internasional. Batang pohon pisang ini merupakan bahan kerajinan tangan dari limbah organik serta cara pembuatannya pun cukup mudah.


26.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Batang Daun Singkong

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Saat kita masih kecil terdapat beberapa hal yang dapat kita kerjakan, terdapat beberapa permainan yang kita mainkan sehari-hari. Lepas dari sekolah, maupun ngaji sore ; namun bila akhir minggu umumnya kita berkumpul bareng rekan-rekan untuk bermain. Bila kita ada di kampung/desa, pasti tak asing dengan aktivitas membuat mainan sendiri. Bila bisa di bilang sih begitu kreatif dengan memakai jenis bahan atau limbah organik apa saja yang ada di sekitar kita. Saya meyakini di antara anda semuanya tentu ada yang pernah tinggal di desa. Diluar itu cobalah anda sempatkan juga untuk melihat kebun Singkong. Yah, bila anda pernah serta merasakannya, tentu anda pun pernah membuat mainan dari tangkai daun Singkong sebagai bentuk kerajinan dari bahan organik yang mudah dibuat. Untuk anak-anak yang berada di kampung / desa yang berusia 5 th. ke atas pasti tak asing dengan mainan itu.


27.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kulit Kacang Tanah

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Siapa yang mengatakan kulit kacang itu tak bermanfaat bahkan juga banyak yang menganggapnya hanya sebagai sampah, di tangan orang - orang kreatif nyatanya kulit kacang itu dapat di gunakan untuk bahan membuat kerajinan tangan dari bahan limbah organik. Langkah untuk membuatnya juga tak susah susah amat, dengan satu 2 x latihan ditanggung anda pasti bisa membuat, karena memang kerajinan dari kulit kacang merupakan kerajinan dari bahan organik yang mudah dibuat.


28.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kulit Kacang Arab

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Tiruan Piramid Mesir ini disusun dari rangkaian kacang Arab yang di gelar di Mal Cito (City of Tommorow) di Jalan A Yani, Surabaya, Jawa Timur. Tiruan pyramid yang merupakan jenis kerajinan limbah organik ini juga mencapai penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).


29.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kacang Kedelai

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Kerajinan dari bahan limbah organik berikutnya memiliki bahan baku dari kacang kedelai. Jenis bahan organik kacang kedelai ini selain bisa untuk membuat tahu, tempe serta oncom, ternyata bisa dijadikan juga sebagai jenis kerajinan tangan yang unik serta menawan.


30.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Daun Pandan

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Daun pandan sangat banyak faedahnya, selain dipakai untuk parfum, daun pandan nyatanya dapat juga digunakan untuk bikin beragam jenis kerajinan tangan dari bahan limbah organik yang begitu cantik. Misalnya : Tas, kotak pensil, dompet


31.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Daun Kering

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Kerajinan tangan dari daun kering tentu susah-susah gampang, yang penting tujuannya ingin belajar. Indonesia adalah negara tropis yang populer tentang kekayaan alamnya. Bermacam macam hayati tumbuh di negara yang dilintasi garis khatulistiwa ini. Tidak terhitung jumlah pohon-pohon dengan bermacam macam bentuk serta warna daunnya. Mulai dari daun saga, daun pisang, sampai daun talas yang memiliki ukuran besar. Daripada terbuang begitu saja, kita bisa memanfaatkannya menjadi kerajinan dari bahan limbah organik.


32.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Daun Mangga

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Memproses limbah jadi barang bernilai pasti akan meningkatkan nilai jual. Daun mangga yang dikira sampah sebenarnya dapat dipakai untuk dijadikan kerajinan tangan dari bahan limbah organik. Sampai kini kita cuma menuai buah nya saja, kesempatan ini kita bakal memakai daun nya. Bila kita ingin memakai dengan baik, daun mangga kering dapat jadi aset yang bernilai. Cuma butuh sedikit biaya serta kreativitas mennjadikannya kerajinan dari bahan organik yang mudah dibuat.


33.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Daun Sirsak

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Daun sirsak selain dijadikan sebagai obat herbal, bisa juga dijadikan sebagai kerajinan tangan dari limbah organik serta cara pembuatannya cukup mudah.


34.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Daun Kering 2 (Chinar)

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Seni lukis maupun seni ukir pada permukaan yang keras serta lebar atau besar dapat dikatakan sebagai sesuatu yang sudah menjadi kelaziman. Seniman telah umum melukis atau mengukir di atas permukaan kanvas atau batu, marmer dsb. Tetapi sangat jarang sekali orang yang dapat melukis serta mengukir di atas daun. Seni ukir daun ini datang dari negeri gorden bambu, China. Seni ukir daun ini bisa dikatakan merupakan salah satu jenis kerajinan limbah organik.

Umumnya karya seni ukir daun ini di buat dari daun Chinar, yang cuma tumbuh di sekitaran daerah Pakistan, India serta China, lantaran mempunyai permukaan yang cukup lebar serta cukup tebal. Sistem kerajinan tangan dari limbah organik serta cara pembuatan lukisan serta ukiran di atas daun ini memerlukan waktu yang cukup lama untuk membuahkan 1 buah karya. Sesudah satu karya usai, maka bisa dilanjutkan dengan memberi obat anti penuaan supaya daun dapat bertahan lama serta tak lapuk.


35.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Daun Pisang

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Kerajinan dari bahan organik yang mudah dibuat. Sediakan daun pisang yang telah kering, lantas buat pola daun pisang dengan pulpen. polanya berupa segitiga (pola ini di untuk buat di menjadikan mahkota bunga) membuat pola nya pakai gunting yah janganlah pakai cutter supaya tidak jadi acak acakkan. buat sejumlah yang dikehendaki (satu tangkai bunga buat satu pola saja).


36.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Daun Lontar

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Kerajinan dari bahan limbah organik ini berupa anyaman lontar yaitu anyaman yang di buat dari daun lontar serta telah berkembang mulai sejak jaman dulu. Anyaman Lontar ini cuma ada di lokasi Desa. Bahan baku anyaman lontar ini tak ada di Desa. Anyaman bisa untuk membuat beragam type keperluan rumah tangga seperti hiasan dinding, tas, kempu, tembolak, songkoq (topi), ceraken serta alat alat yang lain. Kerajinan tangan dari bahan organik yang mudah dibuat ini satu diantara daerah penghasil anyaman lontar sudah di pasarkan di Bali bahkan juga sudah diekspor ke berbagai negara.


37.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Daun Kelapa

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Pohon kelapa adalah satu diantara pohon yang semua bagian dari pohonnya bisa digunakan, dari mulai buahnya, batok, kayunya, daun, serabut kelapa. Pada tulisan kesempatan ini saya ingin membagikan mengenai bikin ragam kerajinan tangan anyaman dari daun kelapa atau janur. Mungkin saja yang kerap sahabat saksikan anyaman yang di buat dari janur kelapa yaitu janur kuning yang banyak di buat pada acara-acara pernikahan, tetapi nyatanya sangat banyak ragam jenis anyaman yang bisa di buat dari daun kelapa ini, pastinya dengan manfaat yang tidak sama.


38.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Bekas Tissue Gulung

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Apa yang perlu dikerjakan pada karton sisa rol tisu gulung sesudah dipakai? Janganlah terburu membuangnya dahulu. Dengan proses kerajinan tangan dari bahan limbah organik, karton rol tisu gulung itu masihlah dapat disulap jadi benda lain yang bermanfaat lho


39.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kulit Kambing

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Tidak sering lho ada orang yang ingin serta sudi untuk memakai kulit kambing. Walau demikian bila memang Anda menginginkan memakai kulit kambing, Anda bisa memakai kulit kambing sebagai bahan kerajinan tangan dari bahan limbah organik. Terdapat beberapa kerajinan tangan dari limbah organik serta cara pembuatannya bisa anda lakukan sendiri yang berbahan kulit kambing serta pada saat ini kita bisa melihat idenya bagi Anda dalam menyulap kerajinan tangan kulit kambing.


40.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Bambu

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Bambu yaitu satu diantara type tanaman yang banyak kita temui di negeri ini lantaran letaknya yang stategis hingga perkembangan serta persebarannya juga gampang serta cepat, hal semacam ini karena lantaran iklim di Indonesia yang begitu pas untuk perkembangan penanaman tumbuhan bambu terlebih didaerah pedesaan bisa banyak kita temui tumbuhan yang satu ini. Selain penyebaran nya yang cepat ini bambu nyatanya mempunyai sangat banyak faedah nya bahkan juga bisa dijadikan obat tradisional secara turun temurun, mengenai keunggulan dari bambu ini yakni batang yang lentur hingga mengakibatkannya tak gampang patah, dinding kayunya yang keras dan pemanfaatannya yang berulang, juga masa hidup tumbuhan ini yang panjang. Dari bambu kita bisa membentuk kerajinan dari bahan organik yang mudah dibuat.


41.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kayu Pallet

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Pallet kayu adalah susunan kayu yang dipakai untuk jadi alas satu barang. 

Pallet kayu dapat juga dibuat untuk peti kemas pengiriman barang, umumnya pallet kayu banyak di cari oleh pelaku usaha supaya barang yang bakal di kirim tak rusak sepanjang perjalanan. 

Dengan menambahkan beberapa inspirasi kreatif, nyatanya kita dapat membuat kreasi pallet kayu jadi bentuk lain kerajinan dari bahan limbah organik yang berguna. Dari mulai mebel seperti rack, tempat tidur, kursi, almari, hingga dekorasi interior.

42.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Buah Pisang

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Pria Jepang berumur 26 th. ini begitu suka pada pisang. Namanya yaitu Keisuke Yamada, seseorang seniman yang suka menyempatkan diri untuk mengukir buah pisang jadi patung sewaktu ia jemu. 

Alat yang dipakai untuk mengukir kerajinan dari bahan limbah organik ini juga sederhana cuma sendok buah serta tusuk gigi saja! Walau tampak amatir, namun karya Keisuke malah bikin beberapa orang kagum kepadanya. Pada awalnya, ia cuma iseng mengukir satu muka di satu pisang. Tetapi lantaran berhasil, ia selalu coba mengukir beberapa ciri-ciri lain yang lebih menantang seperti mahkluk mitos, atau ciri-ciri dari film yang lain.


43.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kulit Buah Salak

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

SALAK sampai kini cuma digunakan buahnya, terlebih untuk product olahan seperti sirup, bakpia, selai, keripik, serta product yang lain. Kulitnya juga dibuang serta jadi limbah sampah. 

Walau sebenarnya, kulit salak ini bisa digunakan untuk bahan kerajinan dari bahan limbah organik yang mempunyai nilai ekonomis. Terlebih struktur kulit salak yang bergerigi mirip kulit ular yang mempunyai nilai seni cukup tinggi.


44.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Tulang Sapi Bekas

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Kerajinan Perhiasan tulang diukir yaitu satu bentuk seni tradisional untuk orang-orang kuno, umumnya kelompok-kelompok suku. Afrika, Amerika asli serta Amerika Selatan suku yang populer untuk perhiasan tulang mereka yang rumit serta design manik-manik yang merupakan kerajinan dari bahan limbah organik yang unik.


45.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kertas Bekas

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Sehari-hari, sampah terkumpul serta menumpuk di sekitaran kita. Dari mulai yang sifatnya organik serta non organik. Satu diantara penyumbang paling besar dalam soal sampah yaitu sampah berbentuk kertas sisa yang telah tak terpakai. Bicara masalah sampah kertas tentu akan tidak jauh dari yang namanya kertas koran. Koran sisa yang telah melalui dari tanggal terbitnya kerap ditelantarkan demikian saja oleh pemiliknya. Beberapa dipakai untuk bungkus makanan, pembungkus paket, serta banyak hal yang lain walau selanjutnya bakal selesai ditempat sampah. Kertas bekas ini bisa dijadikan kerajinan tangan dari limbah organik serta cara pembuatannya dibilang cukup mudah.

Demikian untuk ragam kerajinan tangan berupa 45 ide kerajinan tangan dari bahan limbah organik. Apakah anda tertarik dengan salah satu kerajinan dari bahan organik yang mudah di buat di atas? Atau mungkin anda memiliki ide-ide lain untuk kerajinan dari bahan limbah organik ini? Silahkan para pembaca dapat berbagi dengan cara comment di bawah. Jika anda merasa pembahasan ini memiliki banya manfaat, silahkan di share kepada orang2 yang anda kenal supaya manfaatnya tersebar lebih banyak.



Reff :
kerajinan dari limbah, kerajinan dari bahan limbah, kerajinan dari bahan limbah organik, kerajinan limbah organik dari kulit jagung, kerajinan dari bahan organik yang mudah dibuat, jenis kerajinan limbah organik, kerajinan tangan dari limbah organik serta cara pembuatannya, cara membuat kerajinan dari limbah organik beserta gambarnya, 10 contoh limbah organik basah, contoh limbah organik kering, pengertian kerajinan dari limbah organik

1 komentar untuk "45 Ide Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik"

Unknown 7/21/2019 Hapus Komentar
mantaaap