Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Membuat Bunga dari Kertas

Cara Mudah Membuat Bunga dari Kertas - Ragam Kerajinan Tangan. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara mudah membuat bunga dari kertas, banyak jenis kertas yang bisa kita manfaatkan menjadi beragam jenis kerajinan tangan salah satunya adalah bunga dari kertas, namun kertas apa saja yang bisa di buat menjadi bunga. Mulai dari Kertas Koran, kertas krep, kertas origami sampai kertas kado bisa kita manfaatkan menjadi bunga kertas yang menarik.

Di tangan orang yang kreatif banyak sekali yang bisa di buat dengan memanfaatkan bahan kertas, untuk lengkapnya yuk simak cara membuat bunga dari kertas di bawah ini :

Cara Membuat Bunga Dari Kertas Koran :

Membuat Bunga Mawar dari Kertas Koran 

Alat dan Bahan yang di butuhkan :

1. Kertas Koran
2. Gunting
3. Lidi dari Sapu
4. Lem Kertas

Langkah dan Proses Pengerjaan Bunga dari Kertas Koran

Sesudah mempersiapkan alat serta bahan di atas, kerjakan langkah pertama dengan membuat pola kelopak mawar. Buat dua bentuk pola kelopak yakni bentuk hati serta kelopak biasa seperti pada umumnya. 
Kemudian, ujung setiap kelopak di gulung sedikit dengan bantuan media lidi 
Setelah itu, tempelkan satu kelopak pada ujung lidi dengan memakai lem selanjutnya ikuti dengan kelopak yang lain dengan arah memutar sampai kelopak habis serta terbentuk bunga mawar. 
Buat bunga mawar sejumlah yang anda kehendaki dan simpan bunga mawar dari kertas koran tersebut di dalam vas bunga. Letakan diatas meja sebagai hiasan. 


Bagaimana? Gampang bukan? Walau membutuhkan kecermatan serta kesabaran yang lumayan. Tetapi bunga mawar kertas koran ini akan menjadi mudah bila anda sering membuatnya. Membuat bunga mawar sebagai hiasan meja bakal jadi kebanggaan sendiri. Bila hasil bunga mawar kertas ini sudah anda kuasai anda bisa membuat bentuk dan pola bunga lain.

Cara Membuat Bunga Dari Kertas Krep


Membuat Bunga Dari Kertas Krep

Bunga Dari Kertas Krep


Alat dan bahan yang di butuhkan

1. Kertas Krep
2. Gunting
3. Kawat

Proses dan langkah pembuatanya :

Pertama-tama, tumpuk semua kertas krep menjadi satu sisi dengan ukuran panjang kertas 51cm. Lalu lipatlah seperti pada gambar berikut. Untuk lipatan bisa disesuaikan dengan ukuran kertas yang bakal dipakai. Atur kertas jika kertas kusut saat proses pelipatan





Ambillah kawat putih serta potong sesuai dengan ukuran dan ikat kertas krep pada bagian tengahnya. Untuk mengikat janganlah terlampau kencang lantaran bisa mengakibatkan kerusakan pada permukaan kertas. Bila sudah, potong ujung sisi kiri serta kanan hingga ujung pada ke-2 sisi berbentuk bulat. Bisa juga digunting dengan ujung ke-2 sisi menjadi runcing. 



Kemudian kembangkan susunan kertas krep yang sudah diikat kawat lewat cara memisahkan satu susunan kertas dengan yang lain hingga tampak pada gambar berikut. Perlu di perhatikan dalam memisahkan susunan kertas mesti cermat karena bila tidak akan menyebabkan robeknya susunan kertas yang sudah di susun.



Dan jadilah bunga yang mengembang seperti pada gambar. Supaya lebih menarik dapat ditambahkan kayu untuk batang bunga serta kertas krep berwarna hijau untuk daun bunga


Cara Membuat Bunga dari Kertas Kado

Membuat Bunga dari Kertas Kado

Bunga dari Kertas Kado


Alat dan Bahan yang di gunakan :

1. Gunting
2. Double Tip
3. Kertas Origami

Untuk Proses dan langkah pembuatan bisa kamu simak pada gambar-gambar di bawah ini ya : 






Cara Membuat Bunga dari Kertas Origami


Bunga Dari Kertas Origami


Alat dan bahan yang di gunakan :

1. Kertas Origami
2. Gunting
3. Lem Tembak
4. Kertas Karton

Setelah kita selesai menyiapkan alat dan bahan seperti pada gambar di bawah, langkah selanjutnya adalah proses pembentukan kertas origami



Bentuklah kertas origami seperti pada gambar di bawah ini, bentuk sesuai dengan kebutuhan dan ukuran bunga yang akan kamu buat, gunakan lem untuk merekatkan sisi kertasnya.


Buat juga gulungan dari kertas origami uang berwarna gelap untuk di tempatkan pada sisi luar bunga yang kamu buat.


Rekatkan kertas origami berwarna gelap pada sisi luar rangkaian dengan bantuan lem tembak seperti pada gambar di bawah ini


Pada sisi dalam rangkain bunga tempatkan kertas origami berwarna cerah, lanjutkan sampai bagian tengah rangkain dengan warna yang lebih terang.



Bagaimana dengan ragam rangkaian bunga kertas di atas anda tertarik untuk mencoba membuatnya, Cobalah dengan bentuk rangkaian yang paling mudah dahulu jika di rasa sudah mulai terbiasa dan mudah lanjutkan ke rangkaian yang lebih rumit, Mungkin saja dengan anda mengusai kerajinan tangan membuat bunga kertas ini bisa menambah penghasilan anda.


Tag : bunga dari kertas koran, cara membuat bunga kertas krep, cara membuat bunga dari kertas origami, cara membuat bunga dari kertas kado, cara membuat bunga dari kertas bekas, cara membuat bunga kertas sederhana, cara membuat bunga dari kertas lipat, cara membuat bunga mawar dari kertas

Referensi : berbagai sumber

2 komentar untuk "Cara Mudah Membuat Bunga dari Kertas"

cloud hosting indonesia 11/11/2016 Hapus Komentar
jadi tertarik untuk mencoba
kaito kid 8/10/2017 Hapus Komentar
Makasih informasinya sangat berguna sekali