Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Sarung Bantal Dari Kain Perca

Cara Membuat Sarung Bantal Dari Kain PercaRagam Kerajinan Tangan. Bagi anda seorang ibu rumah tangga yang mungkin memiliki waktu luang dan ingin menggunakan waktunya untuk kegiatan yang bermanfaat mungkin bisa mencoba membuat kerajinan tangan dari kain perca. 



Banyak kerajinan tangan yang dapat anda kreasikan dari kain perca, mulai dari Sarung bantal, Taplak Meja, Keset, Boneka dari kain perca bahkan sampai tas cantik. Mungkin bagi anda akan mengalami kesulitan dalam membuatnya berbeda dengan yang sudah terbiasa dengan menjahit, tapi jangan khawatir dengan anda memulai dari membuat yang sederhana dan konsisten lambat laun anda akan mahir.






Pada artikel kali ini akan di bahas tentang cara membuat kerajinan sarung bantal dari kain perca, bagaimana cara membuatnya dan peralatan apa sajakah yang di butuhkan, mari simak lengkapnya di bawah ini ya :

Alat dan bahan untuk membuat sarung bantal dari kain perca :

1. Kain Perca
2. Gunting
3. Meteran
4. Busa Angin
5. Jarum
6. Mesin Jahit
7. Renda

Langkah dan cara membuat sarung bantal dari kain perca

1. Sesudah mempersiapkan alat serta bahan, lakukan tahap pertama dengan memotong empat kain perca yang berbeda warna sesuai dengan ukuran yang dikehendaki sejumlah 8 potong (tiap-tiap motif dua potong), kemudian gunting busa angina dengan ukuran 2x lebih besar dari kain perca sejumlah dua lembar, serta guntinglah kain renda dengan panjang sesuai dengan ukuran bantal. 

2. Proses selanjutnya, hubungkan 4 potong kain perca dengan posisi selang seling dengan menggunakan mesin jahit. Kerjakan hal yang sama pada 4 potong kain yang lainnya.

3. Setelah motif kain perca selesai disatukan langkah selanjutnya adalah memasang renda pada bagian sambungan jahitan (membuat lambing plus (+) ). Kerjakan hal yang sama pada kain yang satunya lagi.



4. Proses ke empat adalah, gunakan busa angin pada ke dua sambungan kain sebagai pelapisnya. Kemudian, satukan ke dua sambungan kain itu dengan memakai mesin jahit, sisi teratas jangan di jahit ya sisakan untuk pemasangan resleting.

5. Langkah terakhir adalah pemasangan resleting, gunakan resleting berwarna menarik agar menambah kesan ceria pada bantal.

Selain kerajinan bantal kain perca seperti di atas anda juga dapat membuat dengan model dan bentuk lainya seperti pada gambar di bawah bisa anda gunakan sebagai referensi, namun yang terpenting adalah buatlah dari yang termudah dahulu dan secara bertahap anda tambahkan tingkat kesulitanya sehingga hasilnya nanti akan semakin baik dan menarik.






Dengan anda membuat sendiri bantal dari kain perca yang unik, lucu juga menarik, hasilnya dapat menambah kesan berbeda pada rumah anda, baik sebagai penghias sofa ruang tamu sampai bantal untuk di kamar.

Demikianlah artikel dari ragam kerajinan tangan, yang pada kesempatan kali ini membahas tentang Cara Membuat Sarung Bantal Dari Kain Perca, semoga dengan membaca artikel ini dapat menambah ide dan kreatifitas anda dalam membuat bantal dari kain perca.



Reference pic : Various source

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Sarung Bantal Dari Kain Perca"